Hutanku Malang Tanahku Bencana

Danau Tes merana

Cagar Alam jadi kebun kopi di Sekitar Danau Tes

Air ku tercemar Merkuri

Penambangan Emas Masyarakat di Taman Nasional

Banjir.. banjir….kering… air… itulah keluhan Saudara-Saudara kita hampir di setiap daerah sepanjang tahun di negeri mutu manikam ini. Mengapa ini terjadi….. Apakah Tuhan sudah bosan bersahabat dengan kita (…Ebiet kali…), atau kita kah yang salah menjadi khalifah di muka bumi ini dalam mengelola sumber daya alam…..
Hutan… tempat seram yang katanya tempat berkumpulnya para dedemit, jin, genderuwo… sekarang ini hampir tidak memiliki nilai sakral lagi di masyarakat, pohon-pohonan yang awalnya tempat berlindung mereka telah tergusur oleh chain saw dan gemuruhnya traktor DH-7. Akhirnya para penghuni alam lelembut pun demo, dan banyak pindah ke pemukiman manusia, akhirnya…. kesurupan masal melanda hampir di seluruh negeri ini…. (telaah… paranormal)
Hutan merupakan sumberdaya alam yang berperan dalam menjaga ekosistem bumi. Kehidupan di muka bumi ini sumber energinya semua dari Sinar Matahari, yang hanya bisa dimanfaatkan oleh makhluk hidup jika ada proses fotosistesis yang merubah energi matahari menjadi berbagai varian karbo hidrat. Siapa yang berperan dalam proses ini ?? makhluk kecil yang bernama klorofil yang berperan dalam transfer energi matahari ini. Dimana klorofil terdapat ?? Klorofil terdapat pada daun-daun yang menyebar di muka bumi ini; dan sebagian besar klorofil ini terdapat pada ekosistem yang dinamakan hutan. Jadi… kalau hutannya rusak.. proses fotosintesis tidak optimal, sehingga produk varian karbohidrat yang dihasilkan dari sistem bumi pun tidak optimal…. sehingga keseimbangan ekosistem bumi akan terganggu.
Pemanasan global, el-nina & la-nina, dan ikutannya seperti : banjir, kekeringan, kenaikan permukaan laut, mencairnya es di kutub, menipis ozon… merupakan berbagai gejala alam akibat terganggunya keseimbangan bumi…. So…. mari selamatkan sisa hutan yang ada, dan hijaukan kembali hutan yang rusak… jangan hargai hutan dari nilai finansial…. hargai hutan dari nilai lingkungannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s